Beranda | Artikel
Iblis Tidak Mau Sujud kepada Nabi Adam
Kamis, 16 November 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yala Kurnaedi

Iblis Tidak Mau Sujud kepada Nabi Adam adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Al-Bayan Min Qashashil Qur’an. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 29 Rabi’ul Akhir 1445 H / 13 November 2023 M.

Kajian Tentang Iblis Tidak Mau Sujud kepada Nabi Adam

Pada pertemuan yang lalu, kita telah membahas bahwa Allah menciptakan Adam dengan tanganNya. Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala meniupkan roh kepada Adam. Kemudian, Allah juga memerintahkan para malaikat untuk sujud kepada Nabi Adam, dalam rangka memuliakan Nabi Adam. Ternyata, malaikat semuanya sujud, kecuali Iblis. Iblis tidak mau sujud. Dari sini kita akan tahu bagaimana permusuhan Iblis dengan manusia dan cara yang dilakukan oleh Iblis untuk menggelincirkan manusia dari jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dari kisah orang tua kita, nenek moyang kita, Adam ‘Alaihis Salam, kita mendapatkan banyak pelajaran tentang bagaimana Iblis siang malam berusaha untuk menyesatkan manusia.

Mengapa Iblis Tidak Mau Sujud kepada Nabi Adam

Dalam Surah Shad ayat 75, Allah Ta’ala berfirman:

قَالَ يَا إِبْلِيسُ مَا مَنَعَكَ أَنْ تَسْجُدَ لِمَا خَلَقْتُ بِيَدَيَّ ۖ أَسْتَكْبَرْتَ أَمْ كُنْتَ مِنَ الْعَالِينَ

“Allah berfirman: ‘Wahai iblis, apa yang menghalangi kamu sujud kepada yang Adam yang telah Aku ciptakan dengan kedua tanganKu. Apakah engkau menyombongkan diri ataukah kamu termasuk orang-orang yang merasa tinggi?`” (QS. Shad[38]: 75)

قَالَ أَنَا خَيْرٌ مِّنْهُ ۖ خَلَقْتَنِي مِن نَّارٍ وَخَلَقْتَهُ مِن طِينٍ 

“Iblis menjawab: ‘Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau telah ciptakan aku dari api, sedangkan Engkau ciptakan dia dari tanah.`” (QS. Shad[38]: 76)

Jadi, Iblis tidak mau sujud kepada Nabi Adam, yang ini merupakan perintah Allah, karena Iblis memiliki sifat sombong. Iblis menolak perintah Allah karena kekafiran, kesombongan, hasad, dan membangkang. Karena itulah, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala mengusir Iblis dari surga, menjauhkannya dari rahmat Allah, dan melaknatnya sampai hari kiamat.

Allah Taala berfirman dalam Shad ayat 78:

قَالَ فَاخْرُجْ مِنْهَا فَإِنَّكَ رَجِيمٌ ‎﴿٧٧﴾‏ وَإِنَّ عَلَيْكَ لَعْنَتِي إِلَىٰ يَوْمِ الدِّينِ ‎﴿٧٨﴾

“Allah berfirman: ‘Maka keluarlah kamu dari surga; sesungguhnya kamu adalah orang yang terkutuk, dan laknatKu tetep atasmu sampai hari pembalasan.`” (QS. Shad[38]: 77-78)

Di Surah Al-A’raf ayat 18, Allah Taala berfirman:

قَالَ اخْرُجْ مِنْهَا مَذْءُومًا مَّدْحُورًا ۖ لَّمَن تَبِعَكَ مِنْهُمْ لَأَمْلَأَنَّ جَهَنَّمَ مِنكُمْ أَجْمَعِينَ

“Allah berfirman: ‘Keluarlah kamu dari surga itu sebagai orang terhina lagi terusir. Sesungguhnya barangsiapa di antara mereka mengikuti kamu, benar-benar Aku akan penuhi neraka Jahannam dengan kamu semuanya`” (QS. Al-A’raf[7]: 18)

Ayat-ayat ini menjelaskan bagaimana Allah murka kepada Iblis, mengeluarkannya dari surga, dan melaknatnya sampai Hari Kiamat. Ketika Iblis menyadari bahwa dia telah dijauhkan dari rahmat Allah, diusir dari surga, dan yakin bahwa dilaknat sampai hari kiamat, maka Iblis meminta Allah untuk memberikan tangguh sampai Hari Pembalasan. Maksudnya adalah memberikan kesempatan kepada Iblis untuk hidup sampai Hari Kiamat.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

 قَالَ رَبِّ فَأَنظِرْنِي إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ

“Iblis berkata: ‘Wahai Rabbku, berikanlah aku tangguh sampai hari mereka dibangkitkan.`” (QS. Shad[38]: 79)

Dan karena ada hikmah yang Allah ketahui, Allah Subhanahu wa Ta’ala tangguhkan iblis sampai hari pembalasan.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Simak dan download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/53586-iblis-tidak-mau-sujud-kepada-nabi-adam/